Sabtu, 30 Juni 2012

Jenis-jenis Tepung Terigu dan Kegunaannya

Ketika muncul ide untuk membuat Egg Rolls salah satu bahan dasar yang diperhitungkan adalah Tepung Terigu yang sesuai dan berkualitas. Berikut kami berbagi informasi mengenai Jenis-jenis Tepung Terigu dan Kegunaannya :


Dilihat dari kandungan proteinnya tepung terigu dibagi menjadi 3, yaitu :


1. SOFT WHEAT (Terigu berprotein rendah)
Tepung ini terbuat dari gandum lunak dengan kandungan protein gluten 8% - 9%. Sifat dari tepung ini adalah memiliki daya serap air yang rendah sehingga akan menghasilkan adonan yang sukar diuleni, tidak elastis, lengket dan daya pengembangannya rendah. Biasanya dipakai untuk membuat kue kering, biscuit, pastel dan kue-kue yang tidak memerlukan proses fermentasi.

2. MEDIUM WHEAT (Terigu berprotein sedang)
Terigu medium wheat mengandung 10%-11% protein. Biasa disebut all purpose flour atau tepung serba guna. Dibuat dari campuran Hard Wheat dan Soft Wheat sehingga memiliki karakteristik di antara kedua jenis tepung tersebut. Tepung ini cocok untuk membuat adonan fermentasi dengan tingkat pengembangan sedang seperti donat, bakpau, bapel, panada atau aneka cake dan muffin.

3. HARD WHEAT (Terigu berprotein tinggi)
Tepung ini dibuat dari gandum keras (hard wheat). Mengandung protein 11%-13%. Karena tingginya nilai protein yang dikandung menjadikannya mudah dicampur, difermentasikan, daya serap airnya tinggi, elastis serta mudah digiling. Tepung jenis ini cocok untuk bahan baku roti, mie, juga pasta karena sifatnya elastis.

Setelah melihat Jenis-jenis Tepung Terigu dan kegunannya semoga dapat membantu sahabat sekalian dalam memilih tepung yang cocok. semoga bermanfaat !

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar